Top Ad unit 728 × 90

industrial online store
.

Cara Mengobati Sakit Telinga Secara Alami

Cara mengobati sakit telinga - Mungkin sebagian orang sudah mengetahui dari penyebab sakit telinga. Akan tetapi masih banyak pula yang belum mengetahui kenapa telinga dapat sakit. Apalagi jika anak-anak yang mengalaminya. Ia hanya menangis dan merintih kesakitan, ketika ditanya tidak mengetahui apa yang menyebakan telinganya sakit.
Apapun itu penyebabnya, pastinya yang Anda butuhkan hanyalah obat sakit telinga tersebut yang bisa membantu meredakan sakit yang dirasakan pada saat itu. Akan tetapi kita mesti memperhatikan keefektifan serta keamanannya, apalagi hal ini berhubungan dengan kesehatan kita.

Sekilas kita pun mesti mengetahui penyebab-penyebab sakit telinga tersebut. Sakit telinga dapat disebabkan karena beberapa hal yaitu: Gigi berlubang, kotoran telinga, infeksi sinus , infeksi telinga bagian luar serta bagian tengah, dan juga tonsilitis. Apabila kita perhatikan tidak cuma masalah pada bagian telinga saja yang bisa menyebabkan rasa sakit pada telinga. Masalah lainnya pada telinga yang kerap menimbulkan rasa sakit ialah otitis media akut (OMA) maupun infeksi telinga pada bagian tengah kemudian menyusul berikutnya yaitu infeksi telinga pada bagian luar ataupun otitis eksterna yang kerap kali disebabkan karena mengorek-ngorek telinga terlalu kuat maupun karena kotoran telinga yang mengeras.
Cara Mengobati Sakit Telinga

Pengobatan terbaik pada telinga yang sakit ialah dengan mengatasi masalah-masalah yang menyebabkannya. Tetapi jika anda belum atau tidak mengetahui apa penyebabnya berikut ini adalah cara mengobati sakit telinga yang bisa anda coba di rumah dengan aman serta efektif dalam pertolongan pertama.

Cara Mengobati Sakit Telinga

  • Analgetik
Obat untuk penghilang rasa sakit yang dijual secara bebas seperti obat ibuprofen serta asetaminofen bisa dipakai untuk menghilangkan telinga yang sakit. Obat ini aman untuk dipakai dengan ataupun tanpa antibiotik, selalu perhatikan untuk mematuhi petunjuk dosis yang tertera pada kemasan.

  • Kompres air hangat
Memberikan kompres pada telinga yang terasa sakit bisa membantu menghilangkan rasa sakit. Pakailah cara seperti ini secukupnya yang bisa diulang 4 sampai 5 kali dalam sehari dengan jangka waktu masing-masing 15 menit.

  • Minyak Hangat
Banyak beredar bahwa minyak hangat bisa menghilangkan rasa sakit pada telinga, namun hal tersebut belum ada bukti ilmiah yang mendasarinya. Akan tetapi hal ini bisa anda coba, memberikan beberapa tetes minyak hangat kedalam telinga sangat aman dilakukan serta dapat cukup efektif dalam mengatasi telinga yang sakit.

  • Menciptakan Suasana Nyaman
Tips ini sangat cocok untuk mengatasi rasa sakit telinga yang dialami anak-anak. Buatlah anak-anak merasa nyaman serta lupa akan rasa sakit yang sedang dideritanya. Misalnya dengan cara mengajak untuk menonton film kesukaannya, memberi hadiah berupa buku mewarnai kesukaannya, maupun dengan menemukan hal baru yang bisa membuatnya lupa akan rasa sakit tersebut.

Baca: Makan Cokelat Memberikan Rasa Nyaman
[post_ad]

  • Periksa ke dokter
Cara selanjutnya ialah melakukan pemeriksaan ke dokter, hal seperti ini sangat penting dilakukan karena untuk memastikan masalah apa saja yang tengah Anda rasakan sehingga telinga anda menjadi sakit. Dengan mengetahui apa saja penyebabnya, maka obat yang diberikan pun akan tepat gunanya serta pastinya proses penyembuhan pun akan semakin cepat.

Berikut obat sakit telinga yang akan diberikan oleh dokter
  • Otitis Eksterna
Dokter akan memberikan obat telinga berupa obat tetes yang bisa dipakai selama 7 sampai 10 hari.
Obat tersebut mengandung zat antibiotik yang berguna untuk melawan kuman serta terkadang juga zat steroid untuk mengurangi efek bengkak serta peradangan.
Tidak hanya obat tetes dokter biasanya dokter juga memberikan resep antibiotik oral serta penghilang rasa sakit.
Lubang telinga meski dalam keadaan kering selama pengobatan berlangsung. Earplug ataupun kapas yang berbentuk bola kecil bisa dipakai untuk menutupi lubang telinga ketika hendak mandi supaya air tidak bisa masuk ke dalam telinga.

  • Otitis Media Akut atau Infeksi Pada Telinga Bagian Tengah
Dokter pada umumnya akan meresepkan antibiotik oral untuk orang dewasa.
Sedangkan untuk anak-anak, memberikan observasi serta memberikan rasa nyaman sebagai cara menghilangkan rasa sakit merupakan cara yang paling utama, serta apabila gejala sembuh dalam jangka waktu 2 sampai 3 hari, maka tidak memerlukan antibiotik.

Itulah beberapa cara mengobati sakit telinga secara alami, semoga bermanfaat.

Untuk menyisipkan gambar, gunakan kode [img] URL GAMBAR [/img]
Untuk menyisipkan video YouTube, gunakan kode [youtube] URL YouTube [/youtube]
Untuk menyisipkan kode, gunakan tag [code] Kode Anda [/code]
Kode yang panjang bisa menggunakan tag [pre] Kode Anda [/pre]

All Rights Reserved by Manfaat Buah Sayur © 2014 - 2015
Powered By Blogger

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *