Top Ad unit 728 × 90

industrial online store
.

Cara Merawat Wajah Berminyak

Cara merawat wajah berminyak - Banyak yang beranggapan bahwa kulit berminyak merupakan sesuatu hal yang sepele. Beragam faktor yang dapat menghambat penampilan seseorang hingga ia tidak terlihat tampil cantik dan menarik , misalnya jerawat, noda hitam diwajah, rambut kering, kulit wajah berminyak, dan masih banyak lagi. Adapun tanda-tanda kulit berminyak adalah penampilan yang mengkilat serta kusam. Jika kondisi semacam ini berjalan lama, maka pori-pori pada kulit wajah Anda bisa tertutup oleh minyak yang begitu berlebihan serta dapat mengakibatkan terjadinya jerawat. Pada artikel " cara menghilangkan jerawat tanpa obat " web ini menjelaskan tentang dari mana penyebab timbulnya jerawat. Lebih baik anda membaca artikel tersebut terlebih dahulu.

Baca: Cara Menghilangkan Jerawat Tanpa Obat
[post_ad]

Pilihlah perawatan wajah yang baik untuk cara merawat wajah yang berminyak agar dapat mengurangi pengeluaran minyak secara berlebih, bisa menggunakan bahan kimia ataupun sabun yang keras. Akan tetapi, jika perawatan tersebut berlangsung secara berlebihan serta terlalu banyak maka yang terjadi yaitu bisa mengurangi minyak pada titik-titik tertentu serta yang terjadi adalah masalah pada kesehatan kulit yaitu kulit menjadi kering. Melakukan perawatan pada wajah berminyak dengan cara yang benar merupakan proses yang begitu sulit, sangat diperlukan keseimbangan antara mengurangi keluarnya minyak tanpa harus menyebabkan masalah baru yaitu membuat kulit menjadi kering.

Cara Merawat Wajah Berminyak

Penyebab Kulit Berminyak

Pada kebanyakan masalah yang terjadi, penyebabnya terjadinya kulit berminyak adalah gen. Tak hanya gen, pola makan pun termasuk kedalam faktor utama dalam kulit berminyak. Terlalu banyak gula, cairan serta masuknya garam bisa jadi ketiganya menjadi kontribusi dalam masalah tersebut. Oleh sebab itu disarankan janganlah mengkonsumsi gula serta garam secara berlebihan.

Hormon merupakan masalah lain yang menjadi faktor besar untuk sementara waktu terhadap masalah kulit berminyak. Masalah ini terjadi pada saat masa puber ketika tingkat hormon tersebut tidak seimbang. Faktor tersebut merupakan hal biasa dalam masa remaja dimana pada masa itu terlalu banyak memproduksi sebum sebagai hasil tingkat hormon yang tidak menentu.

Hormon pun cenderung tidak seimbang ketika masa kehamilan dikarenakan kulit berminyak seringkali menjadi sebuah masalah bagi kaum wanita sebelum ia melahirkan. Mengkonsumsi Pil KB pun dapat menjadi masalah yang dapat memperburuk keadaan. Faktor lain yang diketahui sebagai penyabab masalah kulit berminyak adalah kosmetik serta kelembaban ataupun udara yang begitu panas.

Cara Merawat Wajah Berminyak

Untuk sementara diet merupakan faktor paling besar dalam masalah kulit berminyak, kebanyakan orang akan memilih untuk melawan kondisi semacam ini secara langsung. Dan biasanya dengan berupaya menghilangkan minyak sama sekali, dengan menggunakan sabun keras yang konsentrasi larutan alkalinya tinggi. Sayangnya, cara seperti ini seringkali justru menyebabkan masalah yang kurang sehat lalu malah menyebabkan kulit lebih berminyak.

  • Minyak yang diproduksi oleh kelenjar sebaceous yang berperan sebagai perawatan kulit bermanfaat untuk membantu melicinkan kulit kita dan membantu memelihara kelembaban kulit. Jika seseorang mencuci wajah secara berlebihan dan menghilangkan sebum, kulit akan berubah jadi kering, bersisik, dan malahan menyebabkan gatal. Plus, penghilangan minyak tersebut akan merangsang kelenjar sebaceous untuk menghasilkan lebih banyak minyak dan dapat menyebabkan kondisi yang disebut Reactive Seborrhea. Hal ini akan membuat kelenjar Anda bekerja secara berlebihan dan bisa menyebabkan gagal fungsi dimasa mendatang. Berbagai sabun muka yang menyebabkan masalah, bukannya mengatasi, sebaiknya dihindari saja.
  • Jika Anda ingin menemukan sabun muka yang tak mengandung bahan kimia, lebih baik hindari sabun yang mengandung alkohol, alangkah baiknya memilih yang berbahan dasar alamiah, seperti minyak zaitun, almond atau alpukat. Kesemuanya memiliki fungsi resapan yang dalam dimana akan membantu pergantian kulit dan menjaga kelembaban.
  • Basuh wajah dengan air hangat, bukan air panas. Memang penting menghentikan keluarnya minyak berlebihan, tapi bukannya menghilangkan minyak sama sekali. Air panas mempermudah sabun menghilangkan minyak dan kotoran dari wajah dan juga mempercepat keseluruhan proses, namun itu juga menyebabkan kulit jadi kering dan bersisik. Juga penting diperhatikan agar tak menggosok wajah secara berlebihan, hal itu juga menyebabkan minyak hilang secara berlebihan. Gerakan lembut dan perlahan saat membersihkan wajah cukup untuk mengurangi masalah kulit berminyak Anda tanpa harus menyebabkan kulit jadi kering.
  • Jangan terlalu sering mencuci wajah. Ini mungkin cara paling mudah untuk menghilangkan minyak, namun hal ini juga dapat menyebabkan terjadinya Reactive Seborrhea. Sehari sekali saja mencuci wajah dengan sabun berbusa lembut sudah cukup untuk menghilangkan minyak berlebihan, sementara tetap kelembaban yang melindungi kulit tetap terjaga.
  • Menggunakan pelembab memang penting, tapi tipe yang Anda gunakan tak kalah pentingnya. Demi menghindari membelanjakan uang sia-sia lantaran memilih pelebab yang salah, perhatikan bahan yang terkandung dalam pelembab itu apakah sesuai dengan kulit Anda. Pelembab yang berbahan kimia atau sintetis justru dapat menyebabkan masalah termasuk reaksi alergi, dehidrasi, dan bahkan jerawat. Plus, jika keseimbangannya tak sesuai malahan akan menyebabkan keluarnya minyak berlebihan yang hendak Anda hindari. Setelah menggosok wajah dengan sabun yang lembut, sebaiknya gunakan pelembab berbahan alami seperti minyal almond, zaitun atau alpukat, dimana kesemuanya dapat melindungi, melembabkan dan membantu kulit tampak indah tanpa memberi efek samping seperti yang disebabkan bahan kimia dan sintetis.

Demikian tips yang kami berikan untuk cara merawat wajah berminyak . Namun, bagaimanapun juga selain dengan perawatan, diet makanan juga berguna untuk mengatasi maslah kulit berminyak. Jalankan gaya hidup sehat , jaga pola makan Anda dan jangan lupa olah raga.

Untuk menyisipkan gambar, gunakan kode [img] URL GAMBAR [/img]
Untuk menyisipkan video YouTube, gunakan kode [youtube] URL YouTube [/youtube]
Untuk menyisipkan kode, gunakan tag [code] Kode Anda [/code]
Kode yang panjang bisa menggunakan tag [pre] Kode Anda [/pre]

All Rights Reserved by Manfaat Buah Sayur © 2014 - 2015
Powered By Blogger

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *