Top Ad unit 728 × 90

industrial online store
.

Penyebab dan Cara Mengobati Batuk Kering

Ketika terkena batuk, banyak orang menyepelekannya dan enggan untuk mengobatinya. Padahal jika batuk dibiarkan dan tidak segera diobati dikhawatirkan akan menjadi batuk yang serius sehingga berpotensi mengancam nyawa termasuk gagal jantung kongestif dan kanker paru-paru.
Ada dua jenis batuk, yaitu batuk berdahak dan batuk kering. Pada artikel ini akan membahas mengenai batuk kering, serta penyebab dan mengobati batuk kering.

Apa yang dimaksud dengan batuk kering?

Batuk kering adalah mengacu pada batuk yang tidak menghasilkan lendir (juga dikenal sebagai dahak atau sputum). Batuk adalah refleks pertahanan tubuh Anda yang berfungsi untuk menjaga saluran udara anda agar dapat bernapas secara efektif.
Batuk kering merupakan gejala dari berbagai penyakit ringan sampai yang serius. Terjadinya batuk kering berasal dari infeksi, peradangan, trauma, keganasan, obstruksi jalan napas, dan proses abnormal lainnya.
Batuk kering bisa terjadi karena menghirup iritan ringan, seperti debu, asap atau bubuk. Batuk kering juga mungkin merupakan hasil dari gangguan, seperti alergi, atau penyakit menular, seperti radang tenggorokan virus.
Tergantung pada penyebabnya, batuk kering dapat datang tiba-tiba dan hilang dengan cepat, seperti setelah menghirup asap rokok.
Penyebab dan Cara Mengobati Batuk Kering

Apa gejala lain mungkin terjadi dengan batuk kering ?

Batuk kering dapat terjadi dengan gejala lain termasuk:
Gejala flu (kelelahan, demam, sakit tenggorokan, sakit kepala, sakit dan nyeri)
Suara serak
Mual
Hidung berair (hidung tersumbat)
Sakit tenggorokan
Kelenjar getah bening leher bengkak
Muntah

Batuk kering dapat menyertai gejala yang kurang umum lainnya termasuk:
Bau mulut
Gusi berdarah
Diare
Kelelahan
Nyeri sendi
Kehilangan nafsu makan
Penurunan berat badan

Penyebab batuk kering

Suhu Dingin
Seseorang yang menderita alergi suhu dingin atau sinusitis merupakan penyebab yang sangat umum dari batuk kering. Janganlah menyepelekan hal ini, karena jika batuk kering ini berlangsung lama, maka akan menyebabkan batuk kering kronis

Asma
Asma juga dikatakan menjadi salah satu alasan yang menyebabkan batuk kering. Ada jenis asma yang dikenal sebagai asma varian, gejalanya adalah batuk kering yang berlebihan.

Kandungan Asam
Batuk kering juga dapat disebabkan ketika kandungan asam dalam perut berjalan kembali ke tenggorokan melalui kerongkongan. Hal ini menyebabkan iritasi pada tenggorokan dan bahkan di paru-paru, yang menyebabkan batuk kering.

Komplikasi Obat
Kadang-kadang, batuk kering dapat dialami karena adanya komplikasi dari obat tertentu. Obat-obatan yang biasanya diberikan kepada pasien penyakit ginjal, penyakit jantung dan tekanan darah tinggi. Meskipun alasan yang tepat mengenai bagaimana kondisi ini dapat menjadi penyebab batuk kering tidak diketahui, mungkin karena perubahan kimia tertentu yang dapat mempengaruhi.

Kanker Paru-paru
Penyebab lain batuk kering adalah kanker paru-paru. Orang-orang yang telah berhenti merokok, mungkin masih mengalami batuk kering.

Cara Mengobati

Pada umumnya batuk kering dapat disembuhkan dengan obat-obatan yang biasa dijual di apotik atau toko obat. Namun adapula yang menggunakan resep dokter, jika batuk kering yang dialami mengalami komplikasi atau akibat bawaan penyakit yang berhubungan dengan sistem pernapasan.
Bagi anda yang ingin mencoba mengobati batuk kering dengan herbal, berikut ini adalah resepnya:

Kulit Jeruk Mandarin
Kulit jeruk mandarin bisa membantu untuk mengatasi masalah batuk kering. Rebuslah sekitar 10 gram kulit jeruk mandarin yang kering. Kemudian campurkan dengan 25 gram kencur yang diiris dengan tipis-tipis. Minumlah ramuan ini dua kali sehari dalam keadaan ramuan yang masih hangat.

Bunga Mawar
Bunga mawar bisa membantu untuk mengatasi batuk kering. Ramuan alami ini dibuat dengan bahan bunga mawar segar sekitar 10 gram, dan kemudian di tim dengan menggunakan air secukupnya saja dan tambahkan dengan gula batu sesuai dengan selera Anda. Minumlah ramuan ini sebanyak 2 kali sehari.

Air garam
Hal yang sederhana yang bisa Anda lakukan dirumah adalah dengan berkumur menggunakan air garam. Caranya adalah rebus sekitar 2 gelas air dengan 2 sendok makan garam meha, kemudian tunggulah sampai larutan ini suam-suam kuku sebelum Anda gunakan untuk berkumur. Kemudian ulangi pengobatan alami ini sebanyak 3 kali sehari.

Madu dan Lada
Madu mempunyai sifat sebagai antibiotik. Kombinasi dari madu dan merica merupakan obat alami yang baik untuk membantu mengatasi masalah batuk kering. Cara membuat ramuan alami ini adalah dengan ambil satu sendok makan madu dan sejumput merica bubuk kemudian diaduk dengan merata. Setelah itu, jilatlah campuran ini perlahan-lahan, dan lakukan setiap kali sesudah makan. Obat ini bisa membantu untuk mengatasi masalah batuk kering.

Vitamin C
Dengan mengonsumsi dan mencukupi kebutuhan vitamin C merupakan salah satu obat alami yang bisa membantu untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh Anda. Cara mengonsumsi vitamin C ini Anda bisa mengonsumsi suplemen atau juga makanan yang mengandung vitamin C untuk mencukupi kebutuhan vitamin C tubuh sehari-hari. Vitamin C bisa Anda dapatkan dari buah pepaya, jeruk, dan lemon yang kaya akan vitamin C.

Untuk menyisipkan gambar, gunakan kode [img] URL GAMBAR [/img]
Untuk menyisipkan video YouTube, gunakan kode [youtube] URL YouTube [/youtube]
Untuk menyisipkan kode, gunakan tag [code] Kode Anda [/code]
Kode yang panjang bisa menggunakan tag [pre] Kode Anda [/pre]

All Rights Reserved by Manfaat Buah Sayur © 2014 - 2015
Powered By Blogger

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *