Top Ad unit 728 × 90

industrial online store
.

Pantangan Makanan Ibu Hamil

Pantangan makanan ibu hamil - Tentunya sudah sangat jelas bahwa mengkonsumsi makanan yang bergizi atau makanan sehat yang mengandung banyak nutrisi memberikan manfaat bagi siapapun, terutama pada ibu hamil diharuskan mengkonsumsi makanan bergizi agar ibu dan janin bayi sehat.
Silahkan baca: makanan bergizi untuk ibu hamil

Begitupula sebaliknya, jika mengkonsumsi makanan tidak bergizi atau lebih dikenal makanan junk food maka akan memberikan efek buruk bagi kesehatan.

Mungkin anda sudah mengetahui akan makanan pantangan ibu hamil . Namun terkadang kita hanya sekedar mengetahuinya saja tanpa mengetahui alasan makanan tersebut dilarang untuk dikonsumsi bagi ibu hamil atau dengan kata lain pantangan bagi ibu hamil.

Bagi anda yang belum mengetahui apa saja makanan yang dilarang bagi ibu hamil, berikut ini adalah makanannya beserta alasannya.
Pantangan Makanan Ibu Hamil
Image: http://www.whatispregnancymiracle.biz/tag/harmful-food-during-pregnancy/

Pantangan makanan ibu hamil


  • Daging mentah
Mengkonsumsi daging sangatlah berguna bagi kehamilan apalagi daging sapi karena banyak mengandung kolin yang baik bagi janin bayi.

Akan tetapi janganlah mengkonsumsi daging dalam keadaan mentah atau setengah matang, karena dikhawatirkan daging mentah tersebut berisiko terkontaminasi dengan bakteri coliform, salmonella dan toksoplasmosis.

  • Ikan dengan mercury
Ikan yang mengandung banyak mercury adalah ikan yang hidupnya lama, seperti ikan hiu, ikan king mackarel, ikan todak dan ikan tielfish. Selain itu hindarilah mengkonsumsi makanan sushi, dikarenakan biasanya ikan yang terdapat pada makanan sushi terdapat merkuri dalam jumlah tinngi.
Kenapa pada sat hamil tidak boleh mengkonsumsi makanan yang terdapat merkuri ? Dikarenakan merkuri bisa berdampak pada keterlambatan perkembangan dan kerusakan otak.

  • Ikan asap
Mengkonsumsi Ikan asap yang dimaksudkan ini yaitu ikan bakar. Mengapa ibu hamil dilarang mengkonsumsi ikan asap ? Sebenarnya boleh boleh saja, asalkan ikan asap yang dimakan benar-benar matang dengan sempurna, dan jika mengkonsumsi makanan yang tidak benar-benar matang, makanan tersebut terkontaminasi dengan listeria.
Listeria sangat berbahaya, jika dalam tubuh ibu hamil terdapat listeria, maka listeria tersebut bisa menimbulkan infeksi pada janin.

  • Susu yang tidak dipasteurisasi
Jika anda meminum susu selama kehamilan, maka pastikanlah susu yang anda minum sudah dipasteurisasi. Karena jika meminum susu yang tidak atau belum dipasteurisasi akan menyebabkan keguguran, dikarenakan pada susu tersebut mengandung bakteri listeria.

  • Kafein
Ada studi yag menunjukan jika memberikan asupan kafein dalam jumlah sedang tidak akan bermasalah bagi janin bayi, tetapi ada pula yang mengatakan jika memberikan asupan kafein selama masa kehamilan akan berdampak keguguran, kelahiran prematur dan berat badan pada bayi rendah. Dikarenakan pada kafein terdapat sifat diuretik yang dapat mengakibatkan hilangnya kalsium dan air dalam tubuh.
Lantas studi mana yang benar, studi ini memperbolehkan sedangkan studi itu tidak memperbolehkan ?
Daripada bingung, untuk lebih amannya sebaiknya makanan mengandung kafein jangan dikonsumsi.

  • Alkohol
Mengkonsumsi alkohol dalam jumlah berapapun sangat tidak bermanfaat bagi kesehatan, malah akan memperburuk kesehatan. Kadang-kadang kita mendengar "aman-aman saja mengkonsumsi alkohol asalkan dalam jumlah kecil" . Mungkin untuk waktu sekarang tidak akan terjadi apa-apa, tatapi bagaimana dengan yang akan datang ? Silahkan anda mengambil kesimpulan sendiri.
Jika selama kehamilan mengkonsumsi alkohol, maka akan menyebakan terganggunya perkembangan janin serta menyebabkan fetalalcohol syndrome dan gangguan perkembangan lainnya.

Untuk menyisipkan gambar, gunakan kode [img] URL GAMBAR [/img]
Untuk menyisipkan video YouTube, gunakan kode [youtube] URL YouTube [/youtube]
Untuk menyisipkan kode, gunakan tag [code] Kode Anda [/code]
Kode yang panjang bisa menggunakan tag [pre] Kode Anda [/pre]

All Rights Reserved by Manfaat Buah Sayur © 2014 - 2015
Powered By Blogger

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *