Top Ad unit 728 × 90

industrial online store
.

Tips Kesehatan Gigi Untuk Tetap Sehat Dan Kuat

Tips kesehatan gigi sangat penting bagi anda bagaimana merawat gigi dengan baik. Gigi sangat berperan penting bagi diri kita semua, peranan gigi yaitu untuk mengolah makanan yang masuk ke mulut karena gigi ini berguna untuk mengunyah makanan. Bayangkan jika kita tidak punya gigi, kita tentunya akan kesusahan menikmati dan menelan makanan. Untuk itu gigi kita perlu dirawat agar tetap setia dengan kita sampai kita tua nanti. Orang jaman dahulu sering merawat giginya dengan nginang. Daun yang dipakai untuk nginang ini rasanya pahit, baunya khas nenek-nenek dan berwarna kekuningan di gigi. Tapi meskipun demikian, dengan cara itu mereka memperoleh gigi yang kuat dan sehat hingga tua dan tidak ompong ketika usia mereka sudah senja. Jika diaplikasikan pada kebiasaan jaman sekarang sepertinya akan sangat sulit, masalahnya siapa yang mau? Untuk mendapatkan gigi sehat dan kuat saat ini tidak perlu lagi dengan cara demikian. Sebaiknya konsultasikan kesehatan gigi anda dengan dokter gigi setiap 6 bulan sekali agar kesehatannya terkontrol.

Tips Kesehatan Gigi Untuk Tetap Sehat Dan Kuat
Foto: log.viva.co.id


Cara merawat gigi yang pertama sudah pasti sikat gigi dengan teratur. Sikatlah gigi anda dengan benar dengan arah dari gusi ke gigi dan usahakan menjangkau seluruh permukaan gigi agar gigi sehat menyeluruh. Gunakanlah sikat yang berbulu lembut agar tidak melukai gusi, sikat gigilah 2 kali dalam sehari yaitu saat pagi dan malam hari, pada pagi hari setelah sarapan dan pada malam hari sebelum tidur. Boleh menggunakan obat kumur tetapi jangan terlalu sering, cukup dua kali dalam seminggu. Untuk mendapatkan gigi yang sehat sebaiknya hindari makanan manis, karena makanan manis sangat merusak gigi dan mampu membuat gigi berlubang dengan cepat. Kebiasaan memakan makanan manis yang berlebihan biasanya sering dilakukan oleh anak-anak, oleh karena itu bagi para ibu sebaiknya jaga asupan makanan si kecil, jangan terlalu banyak memberikan permen, coklat atau makanan manis lainnya. Di usianya, makanan manis seperti itu pastilah menjadi favorit anak-anak dan seringkali membuat ketagihan untuk mengonsumsinya.

Tips kesehatan gigi yang selanjutnya yaitu mengonsumsi buah dan sayur yang mampu mengikis kotoran pada gigi. Fungsi seperti ini ada pada apel, wortel, dan seledri. Hindari penggunaan pemutih gigi, untuk memutihkan gigi secara alami sebaiknya menggunakan buah strawberry. Penggunaan buah dengan rasa asam ini bisa dengan mengunyah dan mengonsumsinya, atau hanya dengan menggosokkannya pada gigi. Kemudian hentikan kebiasaan merokok, karena kandungan nikotin dalam rokok sangat ampuh untuk merusak gigi. Begitu juga dengan teh dan kopi, sebaiknya jangan terlalu sering mengonsumsinya. Kebiasaan ini kebanyakan dilakukan oleh orang dewasa. Terapkan pola hidup sehat, beri contoh pada si kecil bagaimana sebaiknya merawat gigi yang baik dan benar. Serta jangan sampai dilewatkan, konsultasikan dengan dokter masalah kesehatan gigi anda, karena dokter lebih tahu apa yang baik dan buruk bagi gigi anda dan bagaimana menanganinya. Itulah sedikit mengenai tips kesehatan gigi. Semoga bermanfaat.

Untuk menyisipkan gambar, gunakan kode [img] URL GAMBAR [/img]
Untuk menyisipkan video YouTube, gunakan kode [youtube] URL YouTube [/youtube]
Untuk menyisipkan kode, gunakan tag [code] Kode Anda [/code]
Kode yang panjang bisa menggunakan tag [pre] Kode Anda [/pre]

All Rights Reserved by Manfaat Buah Sayur © 2014 - 2015
Powered By Blogger

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *