Top Ad unit 728 × 90

industrial online store
.

Bolehkah Mengonsumsi Sirop Batuk Ketika Menyusui ?

Banyak sekali pantangan ibu menyusui, salah satunya yaitu mesti membatasi makanan ataupun asupan yang mengandung banyak gula, lemak, garam serta makanan olahan. Akan tetapi apakah hal tersebut berlaku untuk sirop batuk ?

Sirop batuk dikategorikan sebagai antitusif yang bisa melemahkan atau mengendurkan lendir serta dahak yang ada pada tenggorokan maupun pada paru-paru. Anda bisa mendapatkannya atau membelinya diapotek tanpa diharuskan ada resep dari dokter. Sirop batuk pada umumnya mengandung benzonate, codeine, pseudoephedrine maupun carbetapentane. Sedangkan dua substansi yang lainnya yaitu guaifenesin serta dextromethrophan, dua substansi tersebut diyakini aman untuk dikonsumsi bagi ibu menyusui.
pantangan ibu menyusui

Lantas bagaimana untuk kandungan lainnya ? Apakah aman ? Apakah kandungan pada obat batuk ada yang bisa membahayakan ibu menyusui ?

Berikut ini merupakan dua kandungan yang terdapat pada obat batuk yang mesti dihindari oleh ibu menyusui atau bisa disebut sebagai pantangan ibu menyusui .
Baca: Pantangan Makanan Ibu Hamil
[post_ad]

Pantangan Ibu Menyusui

  • Codeine
Pada sebagian sirop batuk terkandung codeine. Codeine bisa dengan amat mudah untuk dikeluarkan melalui air susu. Pada sebagian wanita ada yang stabil terhadap metabolisme codeine, sehingga cuma sedikit codeine yang mencemari air susu. Akan tetapi ada pula wanita yang mempunyai masalah terhadap metabolisme codein tersebut dan hal itu bisa menghasilkan konsentrasi morfin yang ada dalam darah dan mencemari air susu sehingga membahayakan bagi bayi.

  • Benzonate
Benzonate merupakan bentuk yang lain dari antitusif yang sudah banyak terdapat pada sebagian sirop batuk. Sebagian pasien melaporkan dampak atau efek samping akibat mengonsumsi benzonate dalam dosis tinggi yaitu, mengantuk, mual, sulit bernapas, bahkan bisa sampai berhalusinasi.

Kesimpulan

Meskipun dalam dosis yang kecil, hampir seluruh obat yang diminum ketika menyusui akan berpengaruh pada ASI. Apabila anda memilih ataupun hendak meminum sirop batuk, perhatikanlah secara rinci kandungan dosisnya. Sebab jika anda mengonsumsi obat tersebut dalam dosis yang berlebihan maupun tidak dianjurkan maka akan mengakibatkan konsetrasi obat terhadap air susu. Tentunya hal tersebut sangatlah berbahaya untuk bayi. Berkonsultasilah dengan dokter terlebih dahulu apabila ingin mengonsumsi sirop batuk serta jangan jangan asal makan perhatikan pula makanan pantangan ibu menyusui.

Untuk menyisipkan gambar, gunakan kode [img] URL GAMBAR [/img]
Untuk menyisipkan video YouTube, gunakan kode [youtube] URL YouTube [/youtube]
Untuk menyisipkan kode, gunakan tag [code] Kode Anda [/code]
Kode yang panjang bisa menggunakan tag [pre] Kode Anda [/pre]

All Rights Reserved by Manfaat Buah Sayur © 2014 - 2015
Powered By Blogger

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *