Top Ad unit 728 × 90

industrial online store
.

Manfaat dan Cara Pijat Bayi Yang Benar

Cara pijat bayi yang benar - Melakukan pemijatan terhadap bayi entah itu bayi baru lahir , bayi 1 bulan ataupun bayi umur 2 bulan sudah banyak dilakukan di beberapa Negara serta sudah dianjurkan sejak beberapa abad. Adapun manfaat pijat bayi yaitu dapat meningkatkan tumbuh kembang bayi, baik itu secara fisik ataupun secara emosional. Pemijatan kepada bayi dilakukan secara halus bisa menjadi sarana kasih sayang dari orangtua tersebut terhadap buah hatinya serta dipercaya bisa menguatkan ikatan antara bayi dan orangtua bayi tersebut.
Manfaat dan Cara Pijat Bayi Yang Benar

Kapan waktu terbaik si bayi diberi pijatan ?

Pijatan yang diberikan bisa setelah bayi baru lahir, waktu pemijatannya alangkah baiknya dilakukan sewaktu bayi dalam keadaan tenang, yaitu diantara jam makannya dan sewaktu si bayi terlihat tengah siap untuk berinteraksi dan memperhatikan keadaan lingkungan disekitarnya.

Akan tetapi jangan memberikan pijatan sewaktu bayi sudah makan sebab bisa mengakibatkan bayi muntah. Berilah jeda waktu minimal 45 menit sesudah bayi menghabiskan makanannya ataupun sesudah menyusui.

Baca: Bolehkah mengonsumsi sirop batuk ketika ibu menyusui ?

Beberapa penelitian menyebutkan bahwa pijatan dapat memberikan kenaikan berat badan bayi. Pemijatan bisa menambah aktivitas vagal atau aktivitas persarafan tubuh, sehingga hormone yang mempunyai peran terhadap penyerapan makanan dapat terlepas, semisal hormone insulin dan hormone gastrin serta secara tidak langsung menambah nafsu makan serta berat badan bayi pun akan bertambah.

Studi lain mengatakan bahwa, pemijatan yang dilakukan pada seluruh tubuh bisa meningkatkan kelenjar getah bening ke saluran pencernaan serta meningkatkan sirkulasi darah. Hal tersebut ikut memperlancar system pencernaan serta bisa membantu penyerapan nutrien. Sebagian besar dampak ini terjadi terhadap bayi yang lahir secara prematur.


Cara pijat bayi yang benar

Berikut ini adalah cara pijat bayi yang benar

  • Ketika hendak memijat bayi, pastikanlah suhu ruangan dalam keadaan hangat serta bayi tidak dalam keadaan kelaparan maupun kelelahan. Bayi mesti dalam kondisi tenang serta nyaman.
  • Sediakan perlengkapan untuk memijat semisal minyak untuk memijat yaitu baby oil, minyak telon maupun minyak nabati yang lainnya, sediakan juga alas, popok bersih dan pakaian ganti.
  • Lepaskanlah jika anda memakai cincin dan gelang serta potong kuku jari anda agar kulit bayi tidak tersakiti. Sebab kulit bayi sangat sensitif.
  • Gelar alas maupun handuk lembut dibagian atas permukaan datar serta lepaskan pakaian pada si bayi. Anda pun bisa meletakan buah hati anda berada dipangkuan. Letakan buah hati anda dengan posisi terlentang ketika memijat di bagian depan bayi, dan tengkurap ketika memijat pada bagian belakang.
  • Gosokkanlah minyak sekitar setengah sendok teh pada bagian telapak tangan anda guna memudahkan pemijatan setelah itu anda bisa menambahkannya pada tubuh bayi sesuai kebutuhan.
  • Pijatlah buah hati anda menggunakan telapak tangan maupun jari secara lembut akan tetapi tegas. Pijat secara ringan dan melingkar pada bagian dada serta perut, pijat pada kedua bahu lalu turun kebagian bawah dilengan serta kaki. Setelah itu kembali kebagian atas yaitu bagian punggung. Bayi yang baru lahir dapat menerima pijatan sekitar 5 menit, sedangkan untuk bayi yang berusia lebih dari 2 bulan bisa menerima pijatan lebih lama.
  • Jangan terlalu menekan pada bagian tubuh yang rapuh serta hindari memijat dibagian tulang belakang.
  • Tenangkan buah hati ketika dipijat, anda bisa menenangkannya dengan berbicara maupun bernyanyi.
  • Lakukanlah kontak mata dengan buah hati sebab akan membuat bayi merasa memperoleh perhatian yang penuh.
  • Hindarilah memijat luka, ruam ataupun daerah yang terdapatkan suntikan vaksinasi.
  • Janganlah mengoleskan minyak pada bagian kepala maupun wajah bayi. Jangan sampai jari bayi terkena minyak sebab bayi lebih cenderung menempatkan jarinya di mulut maupun di mata sehingga bisa menyebabkan bayi iritasi.

Pijat bayi bisa memberikan begitu banyak manfaat bagi bayi serta orangtua, entah itu secara psikologis ataupun perkembangan bayi. Sebab sentuhan yang diberikan merupakan bahasa pertama orangtua terhadap anak yang bisa memperkuat tali kasih sayang diantara keduanya. Berikanlah cara pijat bayi yang benar dan halus walaupun hanya sebentar.

1 komentar:

Bagus tipsnya, minggu kemaren ke dokter dan dokter juga memberikan referensi seperti itu. Dengan memijat bayi, bayi menjadi lebih rileks dan ada ikatan yang terjalin antara ibu dan bayi.

mampir yuk: ada perlengkapan bayi

Untuk menyisipkan gambar, gunakan kode [img] URL GAMBAR [/img]
Untuk menyisipkan video YouTube, gunakan kode [youtube] URL YouTube [/youtube]
Untuk menyisipkan kode, gunakan tag [code] Kode Anda [/code]
Kode yang panjang bisa menggunakan tag [pre] Kode Anda [/pre]

All Rights Reserved by Manfaat Buah Sayur © 2014 - 2015
Powered By Blogger

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *